Sejarah WordPress

downloadSejarah WordPress dimulai saat Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemogramnya (programmer) yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2.

WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap  perangkat lunak sumber terbuka untuk blog.

WordPress.com merupakan situs layanan blog gratis yang menggunakan layanan WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi . namun pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template dan menambah aksesoris.

WordPress.org merupakan pengembang . dengan situs ini seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. CMS ini dapat dimodifikasi, untuk memodifikasi perlu menguasai bahasa pemprograman web seperti HTML, PHP, CSS danJava Scripts. WordPress dengan Bahasa
Indonesia di pelopori oleh orang Indonesia sendiri pimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas
Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Berikut perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org antara lain:

  • WordPress.com: untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.
  • WordPress.org: untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

WordPress memiliki banyak keunggulan dan fitur untuk dunia blog, antara lain :

  • Gratis. Bias daftar dan unduh tanpa biaya apapun meskipun blog tersebut nanti digunaan untuk komersial
  • open source. Pengguna dapat melihat dan memperoleh kode-kode program yang dapat kita ubah dan kita kembangkan.
  • Templat tampilannya mudah dimodifikasi dan juga banyak yang menyediakan secara gratis.
  • Mudah digunakan
  • Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user)..
  • Jika pengguna sebelumnya telah mempunyai blog tidak berbayar, misalnya di alamat Blogger, LiveJournal, atauTypePad, pengguna dapat mengimpor isi blog-blog tersebut ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan perangkat lunak WordPress. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir isi blog yang lama akan menjadi sia-sia setelah menggunakan perangkat lunak WordPress.
  • Tersedia banyak plugin yang gratis dan selalu berkembang. Plugin yaitu untuuk menambah fitur sebuah wordpress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, album foto.
  • dapat memunculkan sripts XML, XHTML, dan CSS standar.
  • Tersedianya struktur permalink yang bias membuat mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik.
  • Mempunyai kemampuan optimalisasi yang baik pada Mesin Pencari (Search Engine Optimizer)

WordPress dapat diinstal dengan 4 cara yaitu langsung daftar di wordprees.com, diintal di local host, dapat diinstal langsung pada server hosting salah satu hosting penyedia layanan install wordpress adalah idhostinger.com, dan bias diupload keserver internet dari local host. Artinya leluasa dalam pemakainya bias menyewa server hosting atau di lokalhost

Klik sosial untuk bebagi artikel

 

 

 

 

Sumber: Wikipedia

http://ilmu-internet.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s